Program Doktor Psikologi Universitas Airlangga

 

Ilmu terus berkembang. Kajian-kajian baru terus bermunculan. Di antara sekian banyak yang terkategori baru, hal-hal yang telah lama ada pun belum seluruhnya diketahui dan diterapkan dengan optimal untuk menghasilkan riset-riset yang handal. Salah satu diantaranya adalah penggunaan memo yang terstruktur dalam penelitian kualitatif. Menjadi kewajiban prodi untuk kemudian memfasilitasi mahasiswa agar dapat mempelajari dan mengaplikasikannya dengan optimal.

Berkenaan dengan hal tersebut, Senin, 17 Februari 2020 telah dilaksanakan kembali kegiatan Shared-Learning, pengayaan wawasan dan kompetensi di luar perkuliahan reguler, yang kali ini diisi oleh Ibu Aryani Tri Wrastari, S.Psi., M.Ed.(ReAssEv), Ph.D. Beliau adalah staf dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang belum lama menuntaskan studi doktoralnya di The University of Adelaide, South Australia.

 

Materi shared-learning kali ini adalah tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan memo dalam penelitian kualitatif, khususnya untuk riset dengan pendekatan grounded theory. Materi ini dipilih dengan tujuan semakin menguatkan kompetensi metodologi riset mahasiswa, baik dalam menyelesaikan penelitian utama maupun dalam melakukan studi pendahuluan, karena pada dasarnya memo juga dapat diaplikasikan pada berbagai riset kualitatif di luar grounded. Ibu Aryani menjelaskan secara sistematis, mulai dari pengertian memo, dasar filosofisnya, prinsip-prinsip dalam menggunakannya, serta sekian banyak contoh penerapan dari pengalaman beliau selama mengerjakan disertasi. Bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut, materi yang disampaikan oleh Ibu Aryani dapat diakses melalui tautan ini atau pada bagian unduhan website ini.

Catatan baik yang lain, kegiatan shared-learning mengoptimalkan memo kualitatif tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Program Studi Doktor Psikologi, namun juga dari Prodi Magister Psikologi dan Magister Psikologi Profesi. Sebanyak kurang lebih 60 orang peserta menyimak penjelasan Dr. Aryani yang diberikan selama kurang lebih dua jam, dipandu oleh Dr. Wiwin Hendriani, M.Si., Kaprodi S3 Psikologi selaku moderator. Antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kegiatan shared-learning ini tampak dari umpan balik usai kegiatan dilaksanakan, termasuk di dalamnya sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa untuk terus memperdalam paparan yang telah diberikan. Usai mengikuti shared-learning, seluruh mahasiswa S3 melanjutkan agenda untuk mengikuti pertemuan evaluasi studi, pada peralihan Semester Gasal-Genap Tahun Akademik 2019-2020.