PERKULIAHAN

Perkuliahan diselenggarakan dengan sistem kuliah tatap muka, seminar, studi mandiri dan komunikasi ilmiah, penelitian dan penulisan karya ilmiah.

  1. Perkuliahan tatap muka di kelas dilaksanakan diantara hari berikut:
    • Senin – Jumat, pukul 14.00-20.00 WIB
    • Sabtu, pukul 09.00-15.00 WIB
  2. Seminar, studi mandiri dan komunikasi ilmiah, penelitian dan penulisan karya ilmiah, untuk kepentingan perkuliahan maupun proses penyusunan disertasi, dapat berlangsung di luar jadual perkuliahan diatas.
  3. Diskusi kelompok terstruktur dan pendampingan penulisan disertasi melalui kegiatan camp dilakukan selama 2 (dua) kali, yakni pada Semester II dan IV. Pelaksanaan camp pada Semester II difokuskan untuk memfasilitasi mahasiswa: (1) Menemukan dan merumuskan permasalahan penelitian disertasi; (2) Menyusun kerangka konseptual sebagai landasan berpikir; dan (3) Menyusun desain penelitian yang tepat untuk permasalahan penelitian disertasi. Sementara pelaksanaan camp pada Semester IV difokuskan untuk memfasilitasi mahasiswa menyiapkan artikel ilmiah yang baik untuk dapat dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.
  4. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan tatap muka yang dijadwalkan minimal 75%. Mahasiswa kehilangan hak untuk mengikuti ujian akhir mata kuliah dan akan mendapatkan nilai E untuk matakuliah tersebut apabila kehadiran perkuliahan kurang dari 75%.
  5. Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan seminar, melaksanakan studi mandiri, melakukan penulisan karya ilmiah dan mempublikasikannya, serta mengikuti diskusi kelompok terstruktur sebagaimana juga disyaratkan pada setiap tahapan proses disertasi,
  6. Mahasiswa dapat meminta ijin secara tertulis atas ketidakhadiran dalam kegiatan perkuliahan tatap muka, seminar, dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan oleh program studi kepada Koordinator Program Studi bila sakit, melaksanakan tugas fakultas/universitas, atau tugas lainnya.